ShoutBox


Sponsor By Shoutmix

2 Cara Mengecek Blog Nofollow dan Dofollow

Diposting oleh Tre On 08.27

Blogwalking dalam bahasa saya berarti jalan-jalan ngeblog. Artinya masuk blog ini, blog itu, comment sini, comment sana, shout kiri, shout kanan dan seterusnya. Saya cuman ingin nambah ilmu dan nambah link. Karena menurut penuturan para senior, memberi komentar di blog bisa menambah backlink kita. Jadi semakin banyak kita berkomentar di blog yang do-follow, maka akan semakin banyak pula jumlah backlink kita, dan otomatis akan berpotensi meningkatkan page rank kita. (betul?? Kalo salah dimaafin dan dikoreksi, kalo benar, alhamdulillah..).

Pertanyaannya adalah, bagaimana kita tahu kalo blog tersebut do follow atau masih defaut, yaitu no follow? Bagi yang menggunakan Mozilla Firefox, ada alat (baca: add-ons) di Firefox yang bisa mendeteksi apakah sebuah blog menganut do follow atau tidak. Add ons itu bernama NoDoFollow 1.1.

Silakan download NoDoFollow atau mau lebih cepat klik gambar di bawah untuk download dan install NoDoFollow.


install now



Caranya gampang banget, setelah kita download maka akan otomatis terinstal di Firefox kita. Setelah itu, Firefox akan minta di restart. Tinggal klik Ok, maka Firefox me-restart dan tradadaaam…..Liat di menu tools, akan terpampang menu add-ons baru, yaitu NoDoFollow. (liat gambar).




Sekarang, praktek..
Bukalah salah satu blog. Atau blog saya ini saja. Setelah add-ons NoDoFollow diaktifkan (dicentang), maka pada blog saya akan tampak kotak berwarna merah muda dan biru. Liat di bagian komentar atau di link list/blogroll/friends. Link-link yang ada diberi kotak warna biru. Warna biru berarti blog comment saya Do Follow. (Makanya silakan komentar terus….). Sedangkan di bagian shoutbox, link-link yang masuk atau para shouter, diberi kotak warna merah muda. Artinya link-link para ‘shouter’ itu NoFollow. Kalau yang di shoutbox ini memang desain dari sononya.



Jadi kalau pas blogwalking, aktifkan add ons NoDoFollow-nya, biar bisa jadi acuan kita mana yang harus kita utamakan berkomentar..mana yang ntar-ntar aja…(dalam rangka hunting backlink dan PR). Gitu kata para guru….

Nah…silakan dicoba..kalau mau lebih cepet lagi buat yg nyari blog2 yang sudah do-follow, ini saya kasih list blog Dofollow dan PR tinggi….
Silakan…

Cara Kedua....

Di karenakan ada sejumlah pengunjung blog ini yang bertanya di posting : You Review I Follow, bagaimana cara melihat sebuah link di beri attribut “nofollow” atau “dofollow” dalam sebuah posting atau komentar, makanya saya buat kan posting untuk membahas masalah ini.

“Nofollow” ialah atribut HTML yang peranannya seperti tanda lalu-lintas “ferbodden” bagi robot Google untuk tidak menghitung link yang tertera dalam sebuah blog dan membantu Google untuk memerangi spam. Umumnya setiap link yang tertera dalam sebuah posting tidak memakai atribut ini, namun memakai atribut “dofollow”. Kecuali jika si penulis posting menambahkan atribut ini, begini bentuknya:

rel=”nofollow”>namablog

Maka link tersebut tidak akan terhitung sebagai backlink oleh Google. Jadi bagi para rekan yang ikut kampanye You Review I Follow tidak usah khawatir terhadap atribut ini, karena secara default baik Blogspot, Wordpress dan platform blogging lainnya tidak mencantumkan atribut ini dihalaman posting, sehingga rekan-rekan tidak usah bertanya lagi kesaya, bi coba lihat reviewnya di no follow atau do follow. Gitu fren:D

Dofollow“, peranannya kebalikan dari Nofollow, Dofollow mencabut tanda ferbodden itu dan mempersilahkan Google untuk menghitungnya sebagai backlink. Dan bentuk link umum dofollow seperti ini:

namablog

Nah sekarang bagaimana cara mengetahui sebuah link kena atribut dofollow atau nofollow?

Terdapat sejumlah cara untuk itu, disini saya akan memaparkan cara yang mudah, namun cara ini hanya bisa diterapkan jika menggunakan browser Mozilla Firefox. Begini caranya:

1. Arahkan Mouse atau tetikus anda ke link yang ingin di cek.
2. Kemudian klik kanan, dan pilih dan klik properties, seperti gambar berikut:

properties dofollow dan nofollow

3. Kemudian akan tampil gambar seperti ini:

mengecek nofollow

Seperti gambar diatas, anda tentu sudah tahu bentuk nofollow-nya seperti apa, dan digambar tersebut link blog saya di “nofollow” berarti Google tidak menghitungnya sebagai backlink untuk blog saya.

Setelah membahas langkah mudah mengecek nofollow, maka berikut ini saya beri gambar jenis-jenis nofollow dan dofollow yang bisa di gunakan blogger.

Atribut Nofollow:

1. Atribut nofollow 1:

tampilan nofollow

2. Atribut nofollow2:

jenis nofollow

Berikut ini atribut dofollow:

1. Atribut Dofollow1:

jenis dofollow

2. Atribut Dofollow2:

jenis dofollow yang lain

Dan masih ada lagi jenis yang lain, namun saya rasa diatas sudah cukup. Namun intinya anda lihat tulisan “nofollow”, jika tulisan tersebut ada berarti link tersebut di ferbodden atau di nofollow.

Semoga bermanfaat.


Category :

0 Response to "2 Cara Mengecek Blog Nofollow dan Dofollow"

Translators

English French German

Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese

Posting Terbaru

5 Komentar Terbaru


Cari Blog Ini

Pengikut